Ketika Kamu Jatuh Cinta...


Gak kehitung udah berapa kali aku ngalamin yang namanya jatuh cinta. Mulai dari pertama aku dilahirkan sampe sekarang menjelang dewasa. Diantara semua perasaan cinta yang pernah kurasa, tentulah cinta pertama yang paling membekas. Cinta pertamaku terjadi saat aku duduk di kelas satu sekolah menengah pertama.

Waktu SMP aku hanyalah seorang bocah laki-laki yang polos. Berawal dari rasa penasaran kepoin primadona di pesantren, ujung-ujungnya aku malah keterusan. Yang tadinya cuman kepo, malah jadi mau.

Dengan semua rasa kepolosanku waktu itu, aku langsung menyimpulkan kalau aku sedang jatuh cinta. Untuk santri kelas satu cinta itu adalah hal yang belum penting untuk diketahui. Mungkin aku tumbuh dewasa terlalu cepat.

Orang yang lagi jatuh cinta itu memang suka gak penting, ada aja yang mau dikerjain. Yang tadinya malas makan jadi rajin makan. Yang tadinya suka pipis sambil lari, sekarang udah mendingan pipis sambil jalan. Semuanya itu bisa dilakuin bagi orang jatuh cinta. Bahkan, kebiasaan-kebiasaan buruk yang biasa kita lakukan perlahan-lahan bisa terkikis hilang. Contoh: Jupri punya kebiasaan garuk-garuk paha Dodo ketika bangun tidur. Mungkin, setelah jatuh cinta dia bakal garuk-garuk paha sendiri ketimbang paha Dodo.

Bukan cuma itu aja masih banyak kegiatan-kegiatan gak masuk akal yang biasa dilakuin orang yang lagi jatuh cinta. Salah satunya nih, orang yang lagi jatuh cinta itu suka nyocok-nyocokin zodiak. Misal nih, kamu lagi naksir lawan jenis yang zodiaknya virgo, sedangkan kamu zodiaknya leo. Apapun ceritanya kamu bakalan sebisa mungkin buat nyocok-nyocokin zodiak kalian berdua walaupun dari ramalan zodiak yang sedang kalian baca gak cocok. Kalau cocok alhamdulillah, kalau gak cocok pasti kalian bakal ngomel dalam hati kalau zodiak hari ini salah, ngatain kalau zodiak itu gak boleh dipercaya, zodiak itu syirik.

Kalau ditelaah lebih lanjut, gak ada hubungannya antara cinta dengan zodiak. Apa mungkin sebelum melamar ibu Ainun Bapak Habibie nanyain zodiaknya Ibu Ainun? 

"Jadi Ainun, zodiak kamu apa?"

"Aku Virgo mas..."

"Lah, aku Leo..." Kata Pak Habibie. "Berarti kita jodoh, dong!"

karena tahu zodiaknya jodoh, maka keluarga yang datang diacara lamaran Bapak Habibie dan Ibu Ainun langsung berteriak "Alhamdulillah...." 

*Lanjut Pesta Nikahan*

Jadi di postingan kali ini aku bakalan ngajak lo semua cerita tentang hal-hal yang biasa dilakukan orang-orang ketika jatuh cinta. Apa aja itu, ini dia!

Senyum-Senyum Sendiri

Lo percaya gak kalau orang yang jatuh cinta suka senyum-senyum sendiri?

Ada beberapa alasan kenapa orang yang lagi jatuh cinta suka senyum-senyum. Alasan pertama: Kesenengan karena chattingannya dibales dengan kata-kata gombal.

Alasan kedua: Karena emang gebetan/pacar yang diajak chatting orangnya asik suka ngelucu.

Untuk urusan senyum-senyum sendiri ini, aku pernah ngelihat sendiri contoh orangnya. Dialah Jupri. Teman se-kos yang belakangan ini suka jalan sambil senyum-senyum ngeliatin layar handphone. Awalnya aku ngira kalau dia lagi kegirangan karena nemu diskon 70% untuk kolor merk "Zumba-Humba" yang dia suka di toko online, ternyata bukan. 

Pas ditany, Jupri jawab kalau dia lagi chattingan sama orang yang menurutnya jatuh cinta padanya. Jupri ngaku kalau belakangan ini dia jatuh cinta dengan salah satu mahasiswi teknik sipil di kelas D. Kalau dilihat, memang sih cewek yang lagi di dekatin Jupri badai kali cantiknya. Tapi aku sangsi, apa ada cewek yang mau sama Jupri yang mukanya lebih mirip jenglot ketimbang manusia?

Jupri bilang kalau chatting dengan calon gebetannya ini seru dan lucu. Misalnya Jupri nanya, "kamu udah makan?"

maka si cewek bakal bales, "Udah, kAmoe gieMana? Udah, loem? Hurup di besar-kecilin sesuka hati keliatan nih kalau si cewek gak lulus PAUD.

Pantes lucu, Jupri sms pake bahasa manusia, si cewek nge-sms pake bahasa planet pluto.

"Jadi, ini lucu menurut lo, pri?" tanyaku.

"Pastinya, dong! Kapan lagi bisa punya cewek alay?" jawab Jupri bangga.

Sebagai temen aku cuma bisa do'ain hubungan mereka lancar ke depannya. Mudah-mudahan ke-alay-an si pacar gak nular ke Jupri karena aku takut kalau sempat Jupri alay, dia jadi suka make leagging warna-wani sambil cekikikan selfie keliling komplek.

Sebenernya banyak yang ngebuat orang yang lagi jatuh cinta senyum-senyum sendiri. Percaya deh, namanya juga lagi jatuh cinta, hal yang gak lucu bisa jadi lucu yang tadinya garing bisa jadi asyik.

Lebih Rajin dari Biasanya

Walaupun kadang kesel ngeliat sikap orang yang lagi jatuh cinta khususnya Jupri, sebagai teman aku tetap bangga bisa punya kawan kayak Jupri. Semenjak jatuh cinta kehidupan Jupri drastis berubah.

Sebelum jatuh cinta Jupri punya kebiasaan nyuci kolor 3 bulan sekali semenjak jatuh cinta, Jupri jadi rajin nyuci. itupun karena ada laporan dari ibuk kos kalau kolornya mulai berilangan dari jemuran.

Setelah jatuh cinta Jupri jadi rajin buat nyuci kolor minimal sehari sekali bahkan sangking rajinnya gak jarang kolorku juga ikut dicuciin.

Semenjak pacaran bukan cuma rajin nyuci kolor, Jupri juga jadi rajin buat ke kounter pulsa. Tukang kounter pulsa mungkin juga heran, kenapa selalu Jupri yang rutin sehari sekali isi pulsa.

Pas ditanya kenapa, Jupri tetap diam dan fokus ke smartphone-nya.

Oh..., ternyata Jupri lagi LDR-an pantes boros pulsa. Itupun ketauan LDR pas aku pergoki malam-malam Jupri lagi nongkrong di pohon pisang sambil telponan sama si pacar.

Kasian ngeliat Jupri. semenjak sering beli pulsa, aku sering ngeliat dia kalau malam selalu ngunyah promag. Kalau ditanya buat apa itu promag, Jupri cuman cengengesan dan bilang kalau hobi barunya ngunyah promag sebelum tidur.

Sebenernya ada inisiatif buat ngajakin dia makan, tapi aku sadar ngapain juga ditawarin, ini akibat ulahnya sendiri. Mungkin kalau gak kayak gini Jupri gak bakal belajar. Seharusnya Jupri tau, walau nelpon pacar adalah hal yang penting tapi ingatlah masih ada lagi urusan yang lebih penting. Kalau pacar suatu saat bisa aja pergi, kalau kesehatan? jangan sampe ngilang deh, ntar kalau ngilang yang ada bakal kelabakan.

Ngarep

Orang yang lagi jatuh cinta biasanya gak jauh-jauh dari yang namanya ngarep. 

Ngarep itu berharap.

Dalam kamus cinta, berharap itu percaya kepada seseorang yang belum pasti mau bareng kita selamanya, itu menurut aku pribadi.

Yang baru awal-awal pacaran pasti ngarep kalau hubungannya bakal long last kedepannya. Yang udah lama pacaran bakal ngarep suapaya hubungannya bisa lanjut ke plaminan. Menurutku, ngarep ini konsep yang salah dalam pacaran. Seharusnya biarkanlah cinta mengalir apa adanya dan biar waktu yang mengeksekusi selanjutnya. Karena aku yakin, sesuatu akan indah pada waktunya seperti kepompong yang buruk rupa menjelma menjadi kupu-kupu bersayap indah, begitu juga dengan cinta, biarlah waktu yang menjawabnya tanpa harus berharap. 

Walaupun aku tau kalau berharap juga bisa jadi hal yang penting dalam sebuah hubungan khususnya bagi yang ldr-an. Bagi yang LDR berharap itu seperti sebuah tenaga yang bisa memacu keawetan hubungan. Contoh nih, Jupri yang lagi LDR-an beda dimensi. Jupri di dimensi alam barzakh, pacarnya di alam nyata. Pasti dalam hati mereka terus berharap bagaimana caranya bisa jumpa. Walaupun itu mustahil, selama mereka gak akan hilang harapan asal mereka masih bisa berharap meskipun nyatanya harapannya gak akan mungkin terjadi.

Harapan itu bisa jadi pemanis dalam hubungan. Rasanya gak asyik kalau cinta gak dibarengin sama harapan. Ibarat makan sayur tanpa garam, hambar! kalau dalam cinta udah kehilangan harapan itu sama aja ibarat jalan tapi gak tau arah tujuan. Mau dibawa kemanapun hubungannya pasti bingung.

Makanya kalau udah lihat pasangan yang udah kehilangan harapan dalam hubungannya pasti kita bakal ngerasa kasian. Salah satu dari mereka pasti bakal ngerasa bosan. Salah satunya pasti berpikir, "ngapain coba hubungannya dilanjutkan kalau ujung-ujungnya gak ada yang bisa diharapkan'.

Meskipun dalam cinta perlu harapan, tapi jangan sesekali terlau banyak menaruh harapan kepada pasangan. Menaruh harapan kepada pasangan, suatu saat dia bisa ngilang dan jadi jodoh orang. Tapi, kalau naruh harapan kepada sang pencipta gak bakal celaka atau kecewa nantinya. Karena sebaik-baiknya harapan adalah harapan yang disandarkan bukan kepada manusia tapi kepada sang pencipta. 

Lucu emang kalau liat orang jatuh cinta. Mulai dari suka senyum-senyum sendiri, lebih rajin dari biasanya, sampe ngarep juga bisa jadi kebiasaan orang yang lagi jatuh cinta. Kegiatan gak penting bisa jadi penting. Yang tadinya sering telat bangun kini tepat bangun. Selama jatuh cinta membuat lo bahagia, maka teruskanlah... Karena cinta itu bukanlah sesuatu yang dipikirkan oleh akal tetapi sesuatu yang dirasa oleh hati. Selama hati lo merasa bahagia, maka semua itu berguna.
Previous
Next Post »

19 komentar

Write komentar
Neng Dewii
AUTHOR
Thursday, 08 October, 2015 delete

Tapi ketika seseorang sudah merasakan yang namanya sakit hati, tentu dia harus menggunakan logika untuk masalah hati dan perasaan :)...
Cinta itu bukan hanya saat kita merasakan kebahagiaan, tapi cinta juga bisa membuat kita merasakan yang namanya kecewa dan sakit hati...

Reply
avatar
Saturday, 10 October, 2015 delete

Buset!! itu beneran dari lahir udah jatuh cinta??
sama siapa?? pak dokter??

Reply
avatar
Adie Riyanto
AUTHOR
Wednesday, 14 October, 2015 delete

Cinta cinta .... cuci piriiiiiing hehehe :)

Reply
avatar
Wednesday, 14 October, 2015 delete

Apa saja yang ia lakukan adalah benar.

Reply
avatar
Nhe!
AUTHOR
Tuesday, 27 October, 2015 delete

Jatuh cinta itu indah...
Iya. Kalau cintamu terbalas tapi :D

Reply
avatar
Tuesday, 10 November, 2015 delete

Selamat jatuh cinta yang lagi jatuh cinta, dimana semua lagu yang lo dengerin kayaknya diciptain khusus buat lo, hahah

Salam kenal ya
fajarumbi.blogspot.com

Reply
avatar
Zalfaa Azalia
AUTHOR
Friday, 13 November, 2015 delete

Emang ya kalo bahas tentang jatuh cinta gada habis-habisnya.. apalagi bacanya bikin baper

Reply
avatar
Saturday, 05 December, 2015 delete

itulah resiko untuk mencintai. siap-siap ngerasain yang namanya bahagia harus siap juga ngerasain yg nantinnya kecewa dan sakit hati.

Reply
avatar
Saturday, 05 December, 2015 delete

namanya juga jatuh cinta hahaha

Reply
avatar
Saturday, 05 December, 2015 delete

kalau gak terbalas itu rasanya sakit kayak dicucuk jarum ckiitt... ckiit...ckittt

Reply
avatar
Saturday, 05 December, 2015 delete

hahahaha namanya juga cinta

Reply
avatar
Thursday, 10 December, 2015 delete

hahahahahaaaa gak kuat baca yang "Contoh nih, Jupri yang lagi LDR-an beda dimensi. Jupri di dimensi alam barzakh, pacarnya di alam nyata" itu klo dibayangin gimana ceritanya yak LOL :DDDDDD

salam kenal
younglady104.blogspot.com

Reply
avatar
Saturday, 12 December, 2015 delete

Jatuh cinta itu bisa jadi cara kilat buat beresin skripsi, apalagi kalo si do'i nya udah minta yang pasti2. :')

Salam kenal, bung.
http://penjajakata.com/

Reply
avatar
Tira Soekardi
AUTHOR
Saturday, 09 September, 2017 delete

jatuh cinta memang tak ada duanya segala terasa indah

Reply
avatar
Sunday, 10 September, 2017 delete

dunia serasa milik berdua yang lain cuman ngontrak

Reply
avatar