Catatan Pelajar Galau #Part5: "Kebiasaan Baru Sebelum UN"

source by: faqih.me


Gak terasa sebentar lagi Masa SMA akan berakhir. Sebelum merasakan kenikmatan masa SMA berakhir, sebelumnya kami juga harus mampu melewati ujian-ujian yang bakal dihadapi. Banyak ujian yang sudah kami lewati, salah satunya: Ujian-ujian persiapan sebelum UN yang juga sudah sering diikuti berkali-kali.

Ah... akhirnya datang juga ujian nasional yang bakalan mengevaluasi kembali hasil belajarku selama 3 tahun di SMA. Mungkin, ujian kali ini bakalan sedikit sulit dan tidak enak. Aku tau yang namanya ujian itu memang gak ada enaknya, yang enak itu... ujian untuk mencintai dirimu #Tsahhhh

Sebagai murid SMA tentu saja kami harus mempersiapkan diri sebaik mungkin.
Bukan cuma itu saja, kami juga harus mempersiapkan mental dan menjaga kesehatan dengan baik sebelum ujian itu datang.
Gak heran kalau menjelang ujian nasional banyak anak kelas 12 SMA yang sibuk mondar-mandir sambil megang buku kesana-kemari cuman untuk belajar dan bahas soal bareng. Banyak kebiasaan-kebiasaan baru muncul menjelang ujian nasional, seperti: 
1. Suka kumpul bareng.

2. Rajin ibadah dan berdo'a.

3. Rajin pulang cepat.
4. Suka mondar-mandir.

Dengan perasaan yang belum bisa move on dari masa SMA dan kasih sayang mantan, aku mulai sajalah tulisan kali ini.
Kali ini aku bakalan ngebahas tentang apa saja kebiasaan-kebiasaan baru yang muncul sebelum ujian nasional datang. Here they are:

1. Suka Kumpul Bareng.

Ujian nasional memang suatu momok yang sangat seram dan ditakuti oleh sebagian siswa. Sebagai seorang siswa, aku tidak menganggap ujian nasional itu sebagai sebuah momok yang harus ditakuti, melainkan hanya sebuah ujian yang harus dihadapi dan dijalani. Yang patut ditakutkan itu... Ketika ada seorang mantan yang tiba-tiba ngajak balikan setelah dia baru putus dari pacarnya, ini yang sangat aku takutkan. Mantan... oh mantan kenapa kau selalu datang mengganggu pikiranku disaat aku tidak memikirkanmu.

Balik lagi ke topik.
Banyak anak SMA yang memanfaatkan waktu-waktu kosong disekolah hanya untuk sekedar kumpul bareng sambil duduk membentuk lingkaran. Kumpul bareng bukan berarti kami sedang yasinan, dan salah satu teman kami ada yang menjadi seorang jenazah, bukan. Melainkan kumpul bareng buat bahas soal-soal UN tahun lalu. Ntah kenapa kegiatan ini menjadi sangat favorite dikalangan siswa menjelang ujian nasional, termasuk aku sendiri. Dengan kegiatan kumpul bareng sambil bahas soal inilah yang membuat kami menjadi semakin semangat dan rajin untuk belajar.
Yang biasanya kalau kumpul bareng cuman buat sekedar cerita-cerita kenapa Nami dan Robin (karakter dalam komik One Piece) semakin jauh episodenya semakin menjadi sexi.

Saat kumpul bareng buat bahas soal, kami biasanya membuat target buat diri kami masing-masing. Contoh: Siswa yang paling pintar yang biasanya membantu kami membahas soal saat kumpul bareng, dia menargetkan dirinya itu tiap hari harus membahas 100 soal fisika atau matematika.
Sedangkan aku pribadi menargetkan kepada diriku sendiri untuk bisa menjawab 1 soal fisika atau matematika setiap harinya. Disini kita bisa membandingkan mana siswa yang pintar dan mana siswa yang paling goblok.

2. Rajin ibadah dan berdo'a.

Ikhitar aja enggak cukup untuk meraih suatu tujuan.
Ikhtiar harus dibarengi dengan do'a yang cukup kepada tuhan yang maha kuasa. Dan jangan lupa buat selalu bersyukur. Bersyukur karena masih bisa dipanjangkan umurnya, bersyukur karena akhirnya dikasih kesempatan untuk tamat dari SMA.

Do'a dan ibadah adalah senjata yang ampuh untuk meraih sesuatu. Apalagi saat-saat seperti ini. Saat-saat kalian bakalan menghadapi ujian nasional.
Disetiap sekolah di Indonesia pasti mushollanya setiap waktu dhuha udah pada dipenuhi oleh anak-anak kelas 12. Yang biasa musholla terbengkalai, semenjak mau ujian nasional musholla menjadi makmur kembali.
Aku yang biasanya setiap waktu dhuha diisi dengan kegiatan mencuri bontot makan siang teman, ntah kenapa semakin dekat ujian nasional itu rasanya... semakin sering musholla memanggil-manggil hatiku disaat waktu dhuha sekalian menyuruhku untuk melaksanakan sholat sunnah dhuha. Kegiatan nista mencuri bontot teman diwaktu dhuha pun belakangan ini jadi berhenti.

3. Rajin pulang cepat.

Biasanya nih sebelum pulang sekolah, anak kelas 12 itu sukanya nongkrong di parkiran. Anak kelas 12 itu kan, anak yang paling kreak, anggar jago karena udah jadi senior. Jadi, kami dulunya sering duduk-duduk diparkiran sekalian menunggu semua junioran yang pada pulang buat dipalakin uang nya sebelum pulang. Semenjak... negara api menyerang masa-masa dekat UN kegiatan ini pun berhenti. Kegiatan ini berhenti bukan berarti kami semua udah bertaubat dan berada di jalan yang lurus, tetapi semenjak UN sudah mendekat, kamilah yang gantian dipalakin oleh junioran. Dengan alasan, kalau gak mau, nanti kami laporkan kejahatan anak kelas 12 biar gak jadi diluluskan oleh sekolah.
Oh iya... kebetulan sistem kelulusan tahun ini itu sekitar 70% nya dari sekolah. Makanya kami anak kelas 12 harus bersikap baik kepada seluruh manusia-manusia yang ada di lingkungan sekolah, termasuk tukang gorengan yang biasa kami utangi.

4. Suka Mondar-mandir.

Sangking sibuknya anak kelas 12 buat belajar bareng, gak jarang dari kami yang sibuk buat mondar-mandir sambil nyari tempat yang pas buat dijadikan tempat belajar bareng. Karena... lokasi atau tempat yang belajar yang berpindah-pindah sangat penting dilakukan, itu semua agar kami tidak mudah bosan dengan tempat yang itu-itu saja buat dipakai belajar.
Pokoknya kalau di sekolah kalian banyak anak-anak SMA yang komat-kamit sambil mondar-mandir megang buku, tandai aja. Dia itu pasti sedang sibuk buat mencari tempat berak... eh maksudnya, tempat belajar bareng yang cocok.
Tapi, kalau kalian nampak wajah aku yang sedang sibuk mondar-mandir kesana-kemari sambil megangi selembaran kertas putih, kalian semua jangan risau. Pasti...! Pasti...! Aku lagi sibuk mencari penjual gorengan yang pantas untuk kubeli, dan selembaran kertas putih yang kupegang kesana-kemari, cocok untuk kujadikan alas bagi gorengan-gorenganku yang tadi kubeli.

Semakin menjelang ujian nasional, pasti semakin banyak terjadi hal-hal menarik di sekolah kalian. Gak percaya, buktikan aja sendiri.

Oh iya... menurut kalian apa saja sih hal-hal menarik yang sering dilakukan anak kelas 12 sebelum menjelang ujian nasional?
Share di comment box ya!



Previous
Next Post »

41 komentar

Write komentar
suga tangguh
AUTHOR
Saturday, 28 March, 2015 delete

Kelas 12 itu sering duduk-duduk di teras kelas,sambil godain adik kelas yg aduh..*tidakbisadiungkapkandengankata2..

Reply
avatar
Beby Rischka
AUTHOR
Sunday, 29 March, 2015 delete

Hahaaaaa.. Dulu temen-temen aku pada rajin ke mushola menjelang UN.. Doanya panjang bener.. :P

Reply
avatar
Sunday, 29 March, 2015 delete

Dulu pas un aku ampe sholat tahajud sebulan penuh saking takutnya ga lulus

Reply
avatar
turyono ari
AUTHOR
Sunday, 29 March, 2015 delete

dulu gue dan teman - teman sebelum ujian nyusun strategi biar bisa lulus bareng.. haha

Reply
avatar
Yosep Hendhry
AUTHOR
Monday, 30 March, 2015 delete

Semoga ujiannya lulus, doain gue juga yah gan :)

Reply
avatar
Monday, 30 March, 2015 delete

hahaha bener banget tuh!

Reply
avatar
Monday, 30 March, 2015 delete

wih... takutnya siap sholat malah jadi ustadz karena do'anya panjang-panjang

Reply
avatar
Monday, 30 March, 2015 delete

ide bagus! biar makin berkah

Reply
avatar
Monday, 30 March, 2015 delete

Bisa kasih tau apa itu strateginya, aku udah mau UN nih

Reply
avatar
Monday, 30 March, 2015 delete

Amin...
iya aku do'ain juga smeoga lulus dan dimudahkan selalu :)

Reply
avatar
iilajah doank
AUTHOR
Monday, 30 March, 2015 delete

dulu gue juga suka mondar-mandir, bolak-balik ke luar kelas, buat ekhem,, liat gebetan yang bentar lagi bye bye, huhu akhir masa SMA itu, seneng karena mau kuliah, udah gede, tapi sedih gak bisa bareng temen dan ngeliatin gebetan lagi huhuhu terus semakin sering foto-foto bareng temen disetiap ada kesempatan, buat kenangan :D eh iya, makin rajin nanya "mau lanjut kemana?"

nah kalau ujiannya sih gak di terlalu dipikirin, hahaha

Reply
avatar
Beby Rischka
AUTHOR
Wednesday, 01 April, 2015 delete

Gitu siap UN malah lupa sholatnya :D

Reply
avatar
Kresnoadi DH
AUTHOR
Thursday, 02 April, 2015 delete

Tiba-tiba rajin solat. Insyaf seketika.. :))

Reply
avatar
Thursday, 02 April, 2015 delete

Kelas duabelas itu jadi sering mikirin masa depan. Mikirin asiknya kuliah. Tapi gak jarang mikirin mau kemana setelah lulus. :)
Semangat UN-nya! Semoga lancar.

Reply
avatar
Thursday, 02 April, 2015 delete

sebagian anak kelas 12 memang gitu

Reply
avatar
Thursday, 02 April, 2015 delete

Mendadak berceceran ustadz dan ustadzah ketika UN mendekat

Reply
avatar
Thursday, 02 April, 2015 delete

Bener banget tuh mbak!

Amin. Makasih mbak

Reply
avatar
Thursday, 02 April, 2015 delete

ngelihat gebetan -__-
bener banget, setiap ada kesempatan yang keren pasti langsung foto bareng biar makin seru. dan jadi kenang-kenangan.

mau lanjut ngampus di ITB, do'ain ya mbak :)
Hahah

Reply
avatar
turyono ari
AUTHOR
Wednesday, 08 April, 2015 delete

jangan pelit dan percaya diri serta nikmatin saja, kalau selama ini usahanya udah maksimal In sya Allah hasilnya juga maksimal bro..

Reply
avatar
Wednesday, 08 April, 2015 delete

oke sip! salam kenal, ke sesama anggota baru BE

Reply
avatar
Doni Jaelani
AUTHOR
Wednesday, 08 April, 2015 delete

Kalo gue dulu sibuk, nyari kunci jawaban di sekolah lain haha abisnya biarpun udah belajar mati matian suka gak pede kalo ngerjain UN

Reply
avatar
Thursday, 09 April, 2015 delete

Hahaha bener nih kebanyakan murid kelas 12 tiba tiba jadi sholeh semua menjelang UN. Yang tadinya gapernah sholat jadi sholat 5 waktu +tahajud +dhuha +sunah juga

Kalo gue sih dulu belajar aja biar percaya diri menghadapi UN sambil berdoa

Reply
avatar
Thursday, 09 April, 2015 delete

Point nomer dua gue setuju banget..

Siklus hidup anak SMA itu,
kelas 10 ==> Masih unyu, baik, dan culun karena masih junior
kelas 11 ==> Masa-masa paling bandel
kelas 12 ==> Masa-masa peralihan dari bandel ke tobat

Tahun ini gue masih kelas 11. Masih dalam tahap bandel-bandelnya :D. Mungkin tahun depan, gue baru bener-bener tobat.

Reply
avatar
Nur Fauziah
AUTHOR
Thursday, 09 April, 2015 delete

Haha masa UN udah lewat lima tahun yang lalu :D semangat yak yang sedang UN. Semoga dimudahkan.. Tiap satu soal baca bismillah dulu. Nggak perlu takut sama pengawas, soalnya pengawas sesungguhnya ada di kanan kiri kita, unseen, haha (rokib-atid) :DD

Reply
avatar
Thursday, 09 April, 2015 delete

Mau UN sukses ya..

Kalo aku masih kelas 11 jadi belum pernah ngerasain gimana hebohnya un apalagi yang tahun sekarang un online.. kalo ngumpul-ngumpul bareng temen itu wajib takutnya setelah lulus nggak bisa ketemu jadi manfaatkan waktu yang ada buat tambah deket satu sama lain

Reply
avatar
Thursday, 09 April, 2015 delete

Sama-sama mau UN nih jal, semangat ya, semoga UN kita sukses dan nilainya bagus.

Bener nih empat poin di atas, menjelang UN anak-anak kelas 12 biasanya jadi rajin banget beribadah. Sholatnya jadi 5 waktu, yang nggak pernah zakat sekarang sering zakat, terus puasa, habis itu naik haji, biar kembali fitrah, suci seperti bayi baru lahir.

Kelas 12 di sibukan dengan Try Out dan tugas-tugas akhir buat nilai rapot semester terakhir nih.

Reply
avatar
Thursday, 09 April, 2015 delete

Bener nih ketika menjelang UN perilaku kita berubah 180 derajat, yang dulunya males jadi rajin, yang dulu jarang sholat mendadak tobak jadi rajin sholat.

gue waktu sebelum UN, sering ngumpul bareng sama temen-temen, awalnya niat untuk belajar bareng, tapi akhirnya malah main bareng, karena belajar sambil bermain itu mengasikan, tapi nyatanya bagi kita bermain tapi gak belajat itu ternyata lebih asik hahaha ( jangan ditiru ya adegan gue ini.)

Reply
avatar
vera astanti
AUTHOR
Friday, 10 April, 2015 delete

Hihi. UN.
Duh udah berapa tahun yang lalu. Eh ketauan umur deh. :D

Un ya Un...
Kumpul bareng pasti. Bahkan ngerencanain mau hidup seperti apa setelah hengkang dari SMA. Kapan nikah, jadi apa (soal pekerjaan), terus ngerencanain reuni yang sering-sering (walaupun akhirnya gak keturutan :v), terus apa lagi ya...
pada sibuk minta tanda tangan anak-anak sekelas. Buat kenang-kenangan di buku. Hihi.

Reply
avatar
Friday, 10 April, 2015 delete

HA HA HA
iyasih, itu salah problematika anak SMA.

Reply
avatar
Friday, 10 April, 2015 delete

bener banget tuh!
banyak yang jadi ustadz dan ustadzah menjelang UN

Reply
avatar
Friday, 10 April, 2015 delete

nikmatilah masa-masa bandel kelas XI karena disitulah banyak terjadi moment-moment yang cocok untuk diingat

Reply
avatar
Friday, 10 April, 2015 delete

wih... berarti mbak udah tua dong?
pengawas yang asli itu yang ada di kanan dan di kiri, jadi serem kalau bayangin nya

Reply
avatar
Friday, 10 April, 2015 delete

bener banget. nikmatilah masa SMA dengan sebaik-baiknya

Reply
avatar
Friday, 10 April, 2015 delete

iyanih nco, semoga kita lulus UN dan SNMPTN.
tapi, gak sampai naik haji juga kali -__-, ntar malah ketinggalan UN jadinya

Reply
avatar
Friday, 10 April, 2015 delete

belajar sambil bermain itu memang enak, tapi yang paling enak itu... belajar sambil pacaran

Reply
avatar
Friday, 10 April, 2015 delete

bener banget tuh mbak.
memang saat kelas 3 SMA kebanyakan nyeritain masalah masa depan dibanding ujian nya hahaha

Reply
avatar
Saturday, 11 April, 2015 delete

Kebanyakan sih gitu. Tapi entahlah, saya hampir ndak merasakan sensasi un seperti manusia manusia yang lain. Meskipun terkenal ndak pintar. Tapi pd aja. Dan yakin bakal lulus tanpa contekan. Apalagi waktu itu awal awal sitem barcode. Dan nyatanya lulus yang tidak memuaskan tapi senang dan gak pernah kepikiran nilai.

Kebiasaan sebelun un. Mungkin makin rajin main kali ya. Biar bosa sok kangen kangenan kalau udah lulus.


Memang kultur dan adat sangat mempengaruhi..-_-

Reply
avatar
Ajang Dani
AUTHOR
Saturday, 11 April, 2015 delete

Tidak salah menjelang UN, para siswa/wi banyak yang mendadak jadi 'sholeh/hah' atau pada tobat.
Tapi ingat, jangan hanya saat itu saja. Ingatlah kalau kelulusan kalian itu karena kehendak Allah, tak peduli kalian berusaha atau tidak. Jadi bersyukurlah, kebayang kan kalo seandainya tidak lulus. Makanya bersyukurlah sebanyak-banyaknya, dan jadikanlah UN itu sebagai pelajaran hidup, betapa 'lulus' itu merupakan anugrah yang tiada tara.

Jadi setelah lulus, bersyukurlah, jangan malah melakukan sesuatu yang dilarang agama, seperti mabuk-mabukan, zinah, urak-urakan, dan yang lainnya.

Mungkin dulu ada yang pernah menjadi 'nakal', tapi kita tidak tahu bagaimana selanjutnya. Oleh karena itu yang mendadak tobat menjelang UN, lanjutkanlah, jangan hanya saat itu saja.

Jadi ingat, bersyukurlah setelah lulus nanti.

Maaf bukan bermaksud menggurui, tetapi hanya mengingatkan saja. Terimakasih.

Reply
avatar
Sunday, 12 April, 2015 delete

hahaha boleh jadi boleh jadi..sama dulu gue seblum UAN juga mendadak religius banget sampe sholat tahajud juga geu lakuin...gue suka dzikir dan baca Al-Quran..dulu tapi gue juga jadi gemar fotokopi. entah fotokopi buku bank soal, catatan teman atau apapun yang berhubungan dengan UAN. mau fibaca apaa kagak urusan entar, yang pnting fotokopi dulu biar hati tenang..emang sih, nggak dulu nggak sekarang tuh UAN bener bener nakutin. usaha kita selama 3 tahun masa dipertaruhkan hanya dengan berapa puluh soal dalam waktu satu hari??? benar benar...TEGA.

Reply
avatar
Monday, 13 April, 2015 delete

hai, gimana UAN hari pertamamu?
semoga sukses yaaak
dulu, pas jamannya uan juga jadi sering rajin dan menggerombol buat ngerjain soal bareng, les bareng, semuanyaa bareng deh. haha

Reply
avatar
Mr Aneh
AUTHOR
Saturday, 18 April, 2015 delete

Ahaha. Anjir ngumpul untuk yasinan. Temennya ada yg jadi jenazah. Gokil bro... Lucu.

Reply
avatar