Perpisahan Bukanlah Segalanya



"Terlalu manis untuk dilupakan
Kenangan yang indah bersamamu di dalam mimpi... yeah
Terlalu manis untuk dilupakan
Walau kita memang tak saling cinta takkan terjadi..... diantara kita"

Mungkin inilah lagu yang pas untuk dinyanyikan saat moment-moment perpisahan kelas 12. Lagu yang diciptakan oleh kakak-kakak dari grup band legendaris "Slank", memang lagu yang sangat cocok.

Pada postingan kali ini, aku ucapkan terimakasih buat kalian yang udah sempet-sempetin baca postingan yang gak penting ini. Dan terimakasih juga aku ucapkan buat kalian semua keluarga besar XII-IPA3 (GHOST3: Genius Human of Sains three) yang sudah menemaniku selama kurang lebih 2 tahun ini. Berkat kalianlah aku bisa bertahan dan lolos dari kejaran guru BP dan mantan yang selalu menagih utang

Aku jadi teringat bagaimana keadaan saat aku masuk sekolah pertama kali. Saat itu aku tidak memiliki teman yang ku kenal satupun, yang ku kenal hanyalah seorang cleaning service sekolah. Itupun karena sering ngingatin kalau kencing jangan lupa disiram saat masuk ke kamar mandi.
Aku yang saat hari pertama masuk sekolah mengenakan baju putih lengan panjang yang kedodoran, sambil dipadukan dengan celana biru kuncup dan sepatu rip curl KW pedagang kaki lima, membuatku malah jadi lebih mirip tukang sedot tinja dibanding seorang siswa. Mungkin, ini yang membuat orang-orang gak mau kenalan dengan ku, karena takut di intimidasi oleh yang lain karena memiliki teman dengan wajah yang cukup mesum.
Kalau diingat-ingat rasanya sangat menggelikan.
Eh... gak terasa ternyata sudah 2 tahun kejadian itu berlalu dan sekarang aku insyallah akan tamat dan meninggalkan lingkungan sekolah. Jujur saja, meninggalkan sekolah berarti juga meninggalkan teman-teman seperjuangan, meninggalkan semua kenangan tolol yang pernah aku dapatkan di masa SMA dan itu adalah ujian yang berat untuk dialamin.

Apa yang sedang kuhadapi saat ini merupakan cobaan tersulit.
Bagaimana bisa aku harus meninggalkan hangatnya rasa persahabatan itu?
Mengapa disetiap perjumpaan pasti ada perpisahan?
Masih banyak pertanyaan yang mengiang di kepalaku.
Tapi, apalah daya, waktu sudah memvonis kita untuk segera berpisah menuju masa depan yang penuh dengan impian.
**
Tiap detik, menit, jam, waktu terus berlalu tanpa ada yang menyadarinya satupun. Begitulah yang saat ini kami rasakan.
Gak terasa kalau semalam tepatnya tanggal: 09-April-2015, adalah moment kebersamaan kami yang terakhir di masa SMA. Moment itu kami isi dengan acara makan-makan sambil berdo'a dengan teman, wali kelas dan semua penghuni kelas. Ada 1 moment yang sangat membuatku terkesan dengan acara semalam tersebut. Iya... itu adalah moment saat maaf-maafan.

Acara maaf-maafan itupun pecah sambil diiringi dengan suara tangisan oleh teman-temanku. Tangisan yang tidak bisa digambarkan oleh kata-kata. Tangisan yang seolah-olah sebuah symbol dari dalam lubuk hati yang mengatakan kalau sebenarnya kami semua belum siap untuk meninggalkan teman-teman sekalian. Dibalik acara maaf-maafan tersebut, terlihat seseorang yang terlihat sangat sedih bahkan sampai menangis. Dialah seorang lelaki yang dikenal sangat macho (mantan chopet) saat di kelas. Ya... dia adalah sahabatku, sebut saja namanya Akram. Kami merupakan sahabat sejamban, se-idol, dan seperjombloan.
Dia menangis sambil menatap pemandangan langit yang mendung dari luar pintu kelas, dia terlihat sangat emosian sampai-sampai dia tidak bisa membendung lagi air mata yang bercucuran dari matanya.

Akupun mendatanginya sambil bertanya.

'Oi... kenapa kau nangis aja, cingeng kali.' Kebetulan akulah salah satu siswa yang gak menangis saat itu.
'Bukan cingeng, tapi kalau aku ingat-ingat klen, rasanya sakit kali. Slurrppp...' sambil menarik ingusnya yang udah panjang mirip es cendol.
'Ntah kenapa rasanya aku gak mau pisah sama klen, apalagi sama kau zal. Kau yang nanti kuliahnya paling jauh di bandung, gimana aku bisa ketemu dan nonton konser JKT48 di medan lagi bareng-bareng? Padahal Kita udah lama temenan bahkan jadi sahabat, sahabat bareng untuk nonton konser JKT48. Jadi sedih aku kalau seandainya ngingat kita bakalan berpisah.' Jawab sabun. Kali ini sambil memeluk badanku.
'Ah... lebay kali kau. Itupun kalau aku lulusnya di bandung. Inilah yang namanya hidup. Mau gak mau kau harus jalani dan lewatin karena disetiap perjumpaan pasti ada perpisahan. Jadi, ngapain sedih? Yang sedih itu, ketika kita berpisah tapi gak ada satu orang pun yang sukses, itu baru sedih.' Jawabku. Sambil melepas rangkulan tangan akram dari badanku.
Setelah mendengar perkataan Akram kalau dia gak bisa berpisah denganku, membuatku semakin yakin kalau dia seorang mahluk homo pecinta sejenis.

Saat itu suasana kelas berubah menjadi sangat syahdu.
**
Banyak moment yang sudah kita lewati bersama-sama. Mulai dari: belajar bareng, recok bareng, makan bareng, kecuali dimarahin. Dimarahin guru gak pernah bareng-bareng karena selalu aku yang dimarahin.

Kita selalu berkata, agar selalu berteman dan mengingat rasa persahabatan yang pernah terjadi di masa putih abu-abu. Bukan tak mau mengingat, aku yakin saat berpisah nanti, kita bakalan disibukkan dengan kegiatan lain yang membuat kita lupa dengan semua kenangan yang pernah kita alami di masa SMA. Walaupun suatu saat kalian bakalan sedikit melupakan aku, atau sebaliknya.
Ingatlah! AKU TIDAK AKAN PERNAH MELUPAKAN KALIAN SEDIKITPUN.
Karena aku sudah menyiapkan satu ruangan khusus di hati dan memoryku untuk menempatkan kalian di dalam tempat yang khusus yang dikunci dengan rasa cinta dan kenangan kebersamaan kita.
Jangan risau, jangan khawatir. Perpisahan bukanlah segalanya. Ini hanyalah sebuah langka awal menuju kesuksesan, dan aku harap kalian tahu hal itu.

Terimakasih sudah menemani aku disaat bodoh, galau, kelewat batas, dan semua ketololanku selama 2 tahun ini. Berkat kalianlah aku sadar, inilah hangatnya sebuah rasa persahabatan. Aku menyiapkan postingan ini, layaknya seorang Bondan Prakoso dalam mengarang lyric lagu "Kita Selamanya". Walaupun dengan kata-kata yang sederhana, aku berusaha sebisa mungkin untuk menggambarkan hangatnya rasa persahabatan melalui tulisan ini. Percayalah suatu saat bukan jarak atau apapun pembunuh rasa persahabatan kita. Tapi, rasa egoislah yang akan menghancurkan rasa persahabatan kita. Aku berharap semoga kita bisa menjaga persahabatan kita hingga ajal menjemput kita.

Yang gini nih yang susah untuk dilupain:



Sedikit motivasi: "Perpisahan itu bukanlah akhir dari segalanya. Karena perpisahan bukanlah sebuah kematian. Tak perlu disesali, yang perlu hanya ditangisi. Ditangisi dengan air mata sebagai tanda kesuksesan."
-Rizali Rusydan-









Previous
Next Post »

52 komentar

Write komentar
i Jeverson
AUTHOR
Friday, 10 April, 2015 delete

perpisahan memang menyedihkan. tapi bener kata lo, perpisahan bukanlah akhir dari segalanya. karena perpisahan bukanlah kematian.
tapi, sedih kan waktu rena ngucapin salam perpisahan. mau balik ke jepang selamanya..
ganba rena~

Reply
avatar
Friday, 10 April, 2015 delete

#Kamfrettt kau jeff. Jadi gagal move on setelah ingat kata-kata perpisahan dari Rena
Kangen sama suara cempreng Rena-chan semoga konser AKB48xJKT48 diadakan lagi hahah

Reply
avatar
Friday, 10 April, 2015 delete

Orang Medan ..? JKT48 katanya ke Medan ada acara Honda disana. Kalo kesana ajak-ajak aku ya *ngidol everywhere..

Sekarang kelas 3 berarti besok senin UN dong? semoga lancar ya..

Jangan lupa nanti kalo acara perpisahan lagu wajibnya Sakura no Hanabiratachi sama Sakura no Shiori :v

Reply
avatar
Friday, 10 April, 2015 delete

aduhh gara-gara baca postingan ini jadi ingat masa sma lagi :(

Reply
avatar
Friday, 10 April, 2015 delete This comment has been removed by the author.
avatar
Friday, 10 April, 2015 delete

sweet moment emang jaman putih abu2 yaa

Reply
avatar
Saturday, 11 April, 2015 delete

Selamat menempuh hidup baru de. Gue juga gini taun lalu :"

Reply
avatar
Ashima KY
AUTHOR
Saturday, 11 April, 2015 delete

Kok udah bikin postingan beginian aja sih hehehe emangnya udah kelulusan? Hayoloooh hehehehe bercanda ding. Kayanya setiap kali mau kelulusan aku selalu baca postingan beginian entah dari zaman kapan hehehe tapi iya percayalah kalo masa-masa SMA emang menyenangkan sekali bang untuk diingat~
Oh iya jadi ingat kelasku juga setelah baca postingan ini. Gile. 2 tahun bareng-bareng setelah lulus udah pada mencar kemana-mana :'))))
Oit, ada satu kata-kata penting banget yang harus kalian bilang satu sama lain sebelum pisah: 'See you on top!'

Reply
avatar
vera astanti
AUTHOR
Saturday, 11 April, 2015 delete

Perpisahan untuk yang lebih baik ya. :)

Itu cingeng apa cengeng? :D
Terus dua tahun apa tiga tahun? harusnya tiga tahun lho. :D

Saat nanti pas lulus kuliah, dan bertemu lagi akan ada rasa kejutan pas reuni loh. Karena hidup gak ada yang tau bagaimana kelajutannya.

Semoga lancar ya ujiannya :)

Selamat menempuh ujian yak

Reply
avatar
i Jeverson
AUTHOR
Saturday, 11 April, 2015 delete

itu JKT48 ke medan cuma 3 member doang, direct selling album gitu~

Reply
avatar
ahmad fauzi
AUTHOR
Saturday, 11 April, 2015 delete

bukan berpisah slamanya kok. namanya juga hidup pasti ada yg nemu orang'' baru lgi. skrg lebih baik lo fokus mempersiapkan diri utk lbih mandiri, krena khidupan kuliah yg nyata itu bneran kejam. slamat yak. hahaha

itu tmen lo yg sangar itu, ternyata suka JKT48? hahaha. dan lo juga, duh. gue kok kgak yak. cuman naksir sma melody doang. haa

awalnya berat dan bklan trus kontakan, tpi stelahnya juga akan perlahan menghilang. sbuk dngan crita msing''. tpi nnti pas kumpul breng, bklan pnya pengalaman yg jauh lebih seru utk diceritain

Reply
avatar
Saturday, 11 April, 2015 delete

Iya... JKT48 Datang ke Medan semalam. Lho emang kau regional mana?

Hahaha iya besok aku udah UN, amin do'akan ajaya

Kamfrettt... jangan lupa juga sama boku no uchiage

Reply
avatar
Saturday, 11 April, 2015 delete

Kau salah jeff. JKT48 ke medan itu karena jadi bintang tamu Honda disana.
Lagipun yang datang full team K3 lho... cuman si saktia yg gak datang.
Dan mereka juga gak direct selling, tapi memang perform, walau cuman 7 lagu

Reply
avatar
Saturday, 11 April, 2015 delete

Kau salah jeff. JKT48 ke medan itu karena jadi bintang tamu Honda disana.
Lagipun yang datang full team K3 lho... cuman si saktia yg gak datang.
Dan mereka juga gak direct selling, tapi memang perform, walau cuman 7 lagu

Reply
avatar
Saturday, 11 April, 2015 delete

emang itulah tujuan aku nulis, buat ngingatin kembali para pembaca tentang sedihnya perpisahan masa SMA :)

Reply
avatar
Saturday, 11 April, 2015 delete

sama mel :')
Iya... do'ain ajaya mel, semoga aku lulus di bandung biar sekalian bisa jadi guide si sabun hahah

Reply
avatar
Saturday, 11 April, 2015 delete

ini perpisahan atau nikahan?

Reply
avatar
Saturday, 11 April, 2015 delete

hahah iyasih, aku juga belum tentu lulus, hahah. tapi, aku yakin insyallah bakalan lulus kok.
Keren jugatuh pas tamat ngatakan "See you on top" bisa dicoba nanti, thanks atas masukan nya

Reply
avatar
Saturday, 11 April, 2015 delete

iya...

cengeng, biar agak kasar gitu. itu dua tahun mbak, karena kelas 10 kami pisah kelas baru kelas 11 dsatukan dari berbagai kelas itu.
amin... do'akan ya mbak

Reply
avatar
Saturday, 11 April, 2015 delete

iya bener tuh!
iya dia fans JKT48, termasuk juga aku. tapi, kali bukan WOTA lho hahah....
wah... suka dengan melody ya? mantap juga tuh kayaknya

Reply
avatar
Saturday, 11 April, 2015 delete

Surabaya bang..

Sekalian juga lagu boku no sakura

Reply
avatar
Saturday, 11 April, 2015 delete

Perpisahan adalah awal untuk bertemu lagi di dimensi waktu yang berbeda. Yakinlah boy

Reply
avatar
Saturday, 11 April, 2015 delete

Itulah konsekuensi sebuah pertemuan bro, kalau gak mau ada perpisahan yang gak usah ketemu. Kalo gak mau melepas kenangan, gak usah membuat kenangan.

Masa sekolah, apalagi SMA, emang kayaknya paling susah lupain, gimana enggak, tiga tahun hampir tiap minggu ketemuan enam hari seminggu, gimana kagak kangen. Belum lagi ditambah kegilaan yang dilakuin :')

Reply
avatar
Heru Arya
AUTHOR
Saturday, 11 April, 2015 delete

Lah, Pangeran kira udah tamat sekolah. Rupanya masih harus UN besok senin. Ternyta gue salah pemirsa.

Tapi begitulah indahnya masa SMA yang akan segera lu tinggalkan ketika lu besar nanti. "Halah."

Yang jelas, hidup tetap harus disyukuri, apapun yang terjadi. Lu nanti bakalan kangen masa SMA yang panjang itu.

Kan... Pangeran jadi kangen juga. -_-

Reply
avatar
Sunday, 12 April, 2015 delete

Masa SMA memang masa terbaik dalam hidup. Jadi lu besok UN nih? Semoga lulus dan dapat lanjut ke jenjang yang lebih tinggi.. aamiin

Sebagai sesama anak SMA, gue jadi ngebayangin gimana rasanya perpisahan di kelas nanti. Kebetulan, gue masih kelas XI. Jadi, gue masih ada waktu satu tahun lagi untuk menikmati masa-masa terbaik dalam hidup ini ! Yeahh :D

Reply
avatar
Andrian Ryudo
AUTHOR
Sunday, 12 April, 2015 delete

Setiap pertemuan pasti ada namanya perpisahan
dan itu ga bsa di hindari
tpi bener kata u perpisahan bukn akhir dri segalanya

Reply
avatar
Sunday, 12 April, 2015 delete

Baca postingan lo gue jadi inget tahun kemarin ketika di hari-hari terakhir menjelang UN bersama anak-anak kelas. ah sudahlah pokoknya itu moment-moment istimewa sepanjang kisah di putih abu-abu.

ketika kita sudah lulus,sebenernya kita bukan berpisah untuk selamanya, kita hanya berpencar sesaat doang, yaitu berjalan di jalan kita masing-masing yang sesuai dangan impian kita, namun pada suatu saat nanti kita akan kembali bertemu dengan yang namanya kesuksesan.

Reply
avatar
Rizal Fahrosi
AUTHOR
Sunday, 12 April, 2015 delete

ciyee mau pisahan.. tahun lalu blog gw isinya penuh mellow gegara mau pisahan SMA juga loh. dan satu tahun setelahnya, mereka bener2 ngilang. hanya sahabat yang bener2 sahabat yang masih sering guyon walau via wassap.. so, nikmati hari2 terakhirmu nak

Reply
avatar
Latifah DL
AUTHOR
Sunday, 12 April, 2015 delete

lah perasaan hari ini baru un kan ya, udah postingan beginian aja.
ya memang masa sma masa paling aduhai untuk di kenang. tidak akan ada lagi masa yang sama dalam perjalanan hidup manusia. tapi perjalanan hidupmu masih panjang wahai kisanak.hidupmu yang sesunguhnya baru akan di mulai.

Reply
avatar
Sunday, 12 April, 2015 delete

"Ntah kenapa rasanya aku gak mau pisah sama klen."

Kalian ini temen sekolah atau temen main COC? Eh itu clan, ding.

Jangan takut dengan perpisahan. Karena perpisahan adalah gagang pintu yang harus diputar menuju tempat bernama perkenalan dengan hal baru.

Cakep.

Reply
avatar
Sunday, 12 April, 2015 delete

Aku udah melewati masa-masa itu. Hahahaha. Sedih, memang. Dan pasti akan selalu teringat dengan semua itu. Pasti. Hahaha. Rasakan! Hahaha! Rasakaaan kangen sama masa-masa ituuu! HAHAHAHA! Aku juga kangen masa SMA. HAHAHAHA. :((((

Reply
avatar
Lita Rachman
AUTHOR
Monday, 13 April, 2015 delete

jadi kangena masa2 SMA ih, jadi pngen nostalgia pake baju putih abu2.

http://litarachman.blogspot.com/

Reply
avatar
Tuesday, 14 April, 2015 delete

keren bah bahasanya hahah

Reply
avatar
Tuesday, 14 April, 2015 delete

hahah iya bener tuh!
kalau gak mau berpisah jangan pernah bertemu

Reply
avatar
Tuesday, 14 April, 2015 delete

hahah please pangeran, udah tua kan?
gak cocok kangen-kangenan lagi hahah

Reply
avatar
Tuesday, 14 April, 2015 delete

amin...
kelas 11 ya? banyak-banyak aja bikin moment soalnya masih lama lagi tuh perpisahan nya

Reply
avatar
Tuesday, 14 April, 2015 delete

bener!
perpisahan itu memang gak pernah bisa dihindari

Reply
avatar
Tuesday, 14 April, 2015 delete

keponakan om mario teguh ya?
keeren banget kata-katanya, aku suka

Reply
avatar
Tuesday, 14 April, 2015 delete

hahah iya.
temen itu biasanya ngilang kalau udh lama gak jumpa, tapi sahabat gak pernah hilang

Reply
avatar
Tuesday, 14 April, 2015 delete

salah ya? hahah
life is a journey, hidup itu adalah perjalanan tentang kisah

Reply
avatar
Tuesday, 14 April, 2015 delete

lah gimana jadi teman main COC, wong android aja gak punya hahah

Reply
avatar
Tuesday, 14 April, 2015 delete

pakai aja baju putih abu-abunya lagi biar gak kangen

Reply
avatar
Tuesday, 14 April, 2015 delete

"Terlalu manis untuk dilupakan" kayaknya memang semua perpisahan kelas 12 selalu nyanyi ini. dulu waktu perpisahanku juga gitu.


Baca tulisan ini, tiba2 inget acara perpisahan dulu waktu kelas 12.
Parahnya, aku gak ikut dan sebenernya gak pernah foto2 di acara perpisahan! nangissss

Reply
avatar
Tuesday, 14 April, 2015 delete

Wah, dalem banget yak. Aku baca postingannya juga bisa ngerasakan gimana rasanya pisah sama temen sekelas. Kalau kamu cuman 2 tahun, aku 3 tahun bareng, men. Berat banget rasanya. Semua file foto pokoknya harus disimpan bro. Soalnya cuman itu dokumentasi yang bisa kalian kenang :')

Ntar ada masanya kalau kalian deket banget selama habis UN, dan bulan bulan pertama masuk kuliah. Tapi itu nggak selamanya, ntar ada juga saatnya mau ketemu aja harus nyocokin jadwal masing masing. itu pedih sih..

Reply
avatar
Wednesday, 15 April, 2015 delete

yang akan menghancurkan persahabatan adalah rebutan cewek. kalo udh ada yang naksir cewek yang sama diantara kalian pasti bakal nggak asik lagi jadinya.. ;))

semoga pas nanti ketemu lagi udah pada sukses :))

Reply
avatar
Thursday, 16 April, 2015 delete

kalau ada pertemuan paling males ketemu yang namanya perpisahan,itu sedih banget :(

Reply
avatar
ahmad fauzi
AUTHOR
Thursday, 16 April, 2015 delete

udah klo udah jdi wota gpp kok.
BHAHAHHAK.

sebagai pria normal, gue juga naksir sma cwe cakep kyak gitu kali

Reply
avatar
Beby Rischka
AUTHOR
Saturday, 25 April, 2015 delete

Rasanya memang sakit, tapi mau ngga mau harus dijalani.. Semoga pertemanan yang ada ngga akan pernah lekang oleh waktu.. :D

Reply
avatar
Tuesday, 12 May, 2015 delete

perpisahan itu awal dari pertemuan berikutnya :D

Reply
avatar
Mr Aneh
AUTHOR
Monday, 15 June, 2015 delete

Perpisahan emang bukan segalanya. So, jangan bersedih hati.

Reply
avatar