Kesulitan-kesulitan yang Bakal lo Hadepin Saat Jadi Anak Kos

Nyunyu.com

Ketika lo putuskan untuk pisah--ngak tinggal bareng orangtua lagi (merantau), saat itulah kehidupan lo yang sebenarnya dimulai. Pisah dari orangtua itu emang berat banyak cobaannya begitu juga yang aku dan temen-temenku rasakan. Menjadi anak kos yang harus tinggal pisah dengan orangtua itu rasanya berat banget, apalagi buatku yang dari SMP udah pisah dengan orangtua karena masuk pesantren.

Banyak cobaan yang bakal lo hadepin ketika jadi anak kos. Selain pisah dari orangtua, lo juga dituntut untuk lebih dewasa dalam menjalani hidup. Ternyata untuk menjadi orang dewasa itu susah ya, harus mandiri, pintar-pintar jaga diri, tau gini, bagus setelah lulus SMA aku masuk ke sekolahnya Harry Potter untuk belajar ciptain ramuan awet muda biar bisa tetap awet muda aja gitu.. anti penuaan.

Dari sekian banyak kesusahan yang aku dan temen-temenku alamin, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menjadi anak kos karena dengan memperhatikan hal ini mudah-mudahan sebagian masalah yang lo alamin saat jadi anak kos sedikit berkurang. Apa aja itu, ini dia:

Susah jaga kesehatan

Bukan anak kos namanya kalau gak susah jaga kesehatan. Ini yang sering aku alamin sampe sekarang. Kesehatan itu penting tapi ntah kenapa susah banget jaganya. Kesehatan itu semu bentuknya gak keliatan, tapi begitu udah sakit barulah terasa.

Aku bisa bilang gini karena baru aja beberapa hari yang lalu aku sakit dan mungkin inilah sakit yang paling parah yang pernah aku rasain selama jadi anak kosan. Badan demam, wajah pucat, tubuh mulai suka menggelinjang, belum lagi mual di perut yang bikin muntah-muntah, sepertinya aku akan berubah menjadi HULK.

Yang sedihnya, ketika aku lagi sakit itu, gak ada satupun temen yang lagi dikosan, pasti semuanya kuliah. Kalau udah sakit, satu-satunya yang bisa dimintai tolong itu ya cuman temen se-kosan. Sialnya, hari itu, pas aku bangun pagi + muntah-muntah, satupun gak ada temen yang lagi di kos semuanya kuliah. Ya Allah..

Tapi alhamdulillah berkat penyakit tersebut, aku mulai hati-hati dalam menjaga kesehatan. Dikit aja nikmat kesehatan kita dicabut, maka rasa sakitnya tiada tara. Setelah aku ingat-ingat lagi, penyebab yang bikin aku sakit parah itu adalah hal yang cukup sepele. Ya, makan indomie malem-malem sambil gak pake baju + duduk diteras atas kosan sambil nyanyi dan nikmatin angin malam. Besoknya, langsung tepar.

Mulai saat itu juga aku mulai memboikot semua bentuk mie baik itu indomiek, super miek, sarimi cap isi 8, maupun intermiek (mie paling murah karena banyak racun di dalamnya) semuanya aku boikot. Lagian, sekarang indomiek goreng itu pelit gak ada sambalnya cuman kecap doang.

#BoikoitIndomie#IndomieBukanLagiTemanAnakKos #TanpaIndomieAnakKosSehat #BersamaKitaLupakanIndomie #MERDEKA !!

Pola hidup gak teratur

"Cok, kenapa mata lu, hitam banget, abis nyabu lo ya?"
"Nggak bro, gua begadang tadi malem, biasa.. ngerjain soal-soal fisika."

"Lah, lu kenapa zal mata lu juga item-item. Pake celak ya?"
"Gak mungkin lah bro, biasa.. tadi malem gua begadang sampe jam tiga."
"Ngapain aja lo? Belajar Fisika, Kimia, atau Kalkulus?"
"Gitulah.. belajar bobol situs-situs porno kali aja bisa di download.."

Begitulah percakapan yang biasa terjadi ketika lo ngeliat temen kuliah lo matanya itam-itam karena begadang.

Bukan rahasia lagi kalau anak kos itu sukanya tidur malem-malem. Selain karena ngerjain tugas, banyak lagi hal-hal gak terduga yang biasa kami lakuin saat tengah malam. Misal: nyuci baju, atau mendadak lapar lalu masak indomiek. Banyak.. Banyak lagi!

Konon lagi kami mahasiswa teknik yang hidupnya udah kayak robot. Bangun tidur ingat tugas, mau tidur mesti ngerjain tugas dulu, gak bisa tidur juga karena tugas-tugas, pas tidur eh mimpinya dikasih tugas, sampe kampus pas mau ngumpul tugas, dosennya bilang itu tugas cuman untuk buat test kemampuan. KAMFRET.. FACKK.. BEGADANG ITU LELAH, PAK!

Seriusan, bagi kami begadang itu udah jadi temen main kalau gak begadang gak asik aja gitu. Bahkan dosen mata kuliah Logika Informatika pernah bilang "Mahasiswa informatika begadang mah biasa.. nugas malem-malem, yang lain udah tidur, dia masing ngoding.."

Tapi ada beberapa hal yang harus kalian ingat bagi kalian mahasiswa pecinta begadang.

1. Usahakan make baju biar gak masuk angin.

2. Buat yang cewek usahain pake bh biar itunya gak melorot dan kedinginan. SUMPAH YANG INI GAK ADA HUBUNGANNYA.

3. Pastiin kalau sebelum begadang lo udah makan karena perut kosong itu bahaya. Hati-hati bisa masuk angin apalagi masuk anjing dan lebih parahnya bisa kena angin duduk. Kalau udah kena angin duduk InsyaAllah gak lama bakal meninggal, serius.. 

Buruk dalam management waktu

Gua gak mau tau, pokoknya jam 20.00 wib gua harus belajar. TITIK!

Diantara kalian semua mungkin ada yang kayak gini. Matok-matokin waktu buat belajar. Tapi nyatanya semua berjalan gak seperti yang kita bayangkan.

Lo yakin kan dalam hati bahwa jam segitu harus belajar, nyatanya setelah jam segitu lo masih aja belum belajar masih sibuk nonton film sambil makan. 

Alah nanggung.. dikit lagi juga

Sehingga tanpa lo sadarin waktu yang udah lo patokin tadi jadinya ngaret. Setelah makan dan kenyang, lo kembali matokin waktu dan kali ini lo berjanji dengan kuat di dalam hati apapun yang terjadi bahkan kiamat sekalipun, bila sudah tepat waktunya maka aku harus belajar. Tapi karena lo kenyang dan jadinya ngantuk, lo pun tidur. Besoknya gitu, besok-besoknya gitu lagi, GITU AJA TERUS SAMPE MBAK MIYABI NAEK HAJI.

Sampe saat ini tanpa aku sadarin, aku juga masih sering ngelakuin hal seperti ini. Menunda-nunda waktu demi kepentingan sesaat. Mungkin bukan cuma aku aja, kalian juga pasti gitu. Terbiasa menunda-nunda waktu namun akhirnya kebablasan, yak, begitulah rata-rata sikap anak kos dan ini juga yang menjadi masalah terbesar lo saat menjadi anak kos. Saat lo bisa menghadapin masalah management waktu yang buruk ini, otomatis lo bisa jadi orang yang disiplin. Untungnya apa jadi orang yang disiplin? Orang yang sukses itu bermula dari mereka yang selalu disiplin terhadap waktu, itu dia untungnya.

Akhir bulan bisa jadi hambatan

Mahasiswa pecinta promag ketika akhir bulan biasanya punya siklus hidup seperti ini:

Awal bulan: Makan di KFC, McD, DeKost, semua restoran franchise kalau bisa dicicipin.

Pertengahan Bulan: Nasi padang, warteg, ataupun Solaria.

Akhir Bulan: Paginya energen, siang okky jelly drink, malamnya promag, besoknya puasa. Sebulan lo lakuin ini InsyaAllah lo bisa naik haji tapi ginjal atau usus lo ilang sebelah dan bekas infuse ada dimana-mana.

Aku akuin, memanage uang ketika lagi banyak uang itu sulit. Uang lo yang tadinya banyak itu gak terasa kalau udah lo abisin gitu aja. sangking sibuknya beli barang-barang sampe-sampe lo gak sadar begitu sampe di kos apa aja yang udah lo beli. Lo baru sadar kalau di dompet lo tinggal sisa uang 50 ribu sedangkan ini baru tanggal 10.

Kalau udah gini yang harus lo lakuin itu bersabar, berhemat, dan menahan diri. Nyatanya, manusia itu mahluk yang suka pamer. Kalau gak percaya liat aja mereka yang tinggal di pedesaan atau ditempat terkecil dan terpelosok sekalipun. Hanya mengandalkan beras, dan uang yang gak seberapa tapi wajah mereka terlihat sangat bahagia bahkan kebahagiannya melebihin kita yang hidup serba mewah bergelimpangan harta. Punya smartphone, mobil, ataupun lainnya. Itulah kita, kita penuh ketamakan dan kerakusan, padahal kalau nggak ada pun barang mewah yang biasa kita gunakan, kita masih bisa hidup, masih bisa bahagia, hanya saja gaya hidup dan gengsi serta arus globalisasi yang telah menuntun kita hingga bisa jadi seperti ini. Makanya aku suka iri dengan mereka yang tinggal di desa namun hidupnya sangat bahagia.

Temen sekamarku pernah bilang, "Untuk apa duit banyak-banyak dalam dompet yang ada malah nambah beban pikiran. Bagus lagi dikit, jadi tiap kali lo mau beli barang lo mesti mikir dulu, 'cukup gak ya sama uang yang ada di dompet'.."

Ini hanyalah garis besarnya saja yang aku tulis sebenernya masih banyak lagi masalah yang bakal lo hadepin selama jadi anak kos, tapi biar lebih asyik ntar lo rasain sendiri deh gimana susahnya. Hanya segini yang dapet aku tulis, sampai jumpa di postingan selanjutnya. Babay...
Previous
Next Post »

12 komentar

Write komentar
farid nugroho
AUTHOR
Tuesday, 13 September, 2016 delete

aku kok ngerasa, kalo makan indomie di rumah rasanya enak banget tapi kalo di kos biasa banget ya... hehe

Reply
avatar
Thursday, 15 September, 2016 delete

bener banget. anak kosan buruk banget dalam me-manage waktu. terlalu sering mager di kosan aku mah. padahal cucian segunung :v

Reply
avatar
Saturday, 17 September, 2016 delete

Mungkin pas di kos ngerebus indomienya pakai air aki kali.

Reply
avatar
Monday, 26 December, 2016 delete

Emang ada Intermie? *Sok nanya padahal fokusnya hanyabke persoalan beha. :(

Reply
avatar
Edwin Fauqon
AUTHOR
Monday, 26 December, 2016 delete

dulu pernah ngekos tapi sama keluarga, sekarang sudah punya rumah sendiri. Tapi merasakan ngekos sendiri masih belum pernah dan gambaran diatas cukup membuat berpikir ulang mengenai merantau ke luar kota untuk kuliah..

Reply
avatar
Mukhsin Pro
AUTHOR
Friday, 13 January, 2017 delete

Kalau yang paling saya rasakan itu pola hidup. Mulai dari tidur, bangun tidur, makan, nyuci. Aduh. Pokoknya gak teratur.

Reply
avatar
Friday, 13 January, 2017 delete

haha kadang pun makan bisa lupa sangking gak teraturnya.

Reply
avatar
artha amalia
AUTHOR
Thursday, 02 March, 2017 delete

Anak kos yg cerdas harus pandai berhemat. Makanya kalau mau beli2, cek harga dulu di priceza.co.id pasti dapat harga termurah dan menghemat harta. Hahaha

Reply
avatar
Thursday, 02 March, 2017 delete

Hahaha. Sama bang, kesemuanya itu juga pernah saya alamin pas ngekos. Wkwkw

Numpang jejak dimarik ya bang, kali aja mau nengokin tetangga sebelah
http://imoetmutia.blogspot.co.id/2017/03/bunda-sang-malaikat-dunia.html?m=1

Reply
avatar
Monday, 06 March, 2017 delete

aku gak pernah beli barang mbak :((

Reply
avatar

instagram