ANIME-ANIME GALAU YANG BISA BIKIN KAMU NANGIS! JANGAN DITONTON KALAU GAK MAU NYESEK! EDISI KANGEN MANTAN.

Oke, aku tau kalau judulnya kepanjangan.

Cewek, paling hobi nonton drama korea. Mau siapapun pemainnya, asal dia oppa tamvan yang kulitnya putih bersinar, pasti ditonton. Begitu juga dengan cowok.

Cowok, paling hobi nonton anime dan film action. Tergantung pemainnya, kalau yang main Scarlett Johanson, Margot Robbie, Megan Fox, pasti kita tonton.

Kita tahu, mau drama korea ataupun anime dan film action sekalipun, jarang mengangkat alur ceritanya berdasarkan kisah nyata. Semuanya fiksi. Iya, kita emang suka nonton film tentang fiksi, tentang Goblin yang tiba-tiba ketusuk pisau di dadanya atau tentang Goku yang bisa ngeluarin kame-kameha. Kita suka itu.

Namun ada beberapa film atau anime yang genrenya itu tentang slice of life. Gak melulu nyeritain fiksi. Bagi yang belum tau apa itu slice of life, itu adalah sebuah genre film dimana sebagian besar ide ceritanya itu berdasarkan permasalahan kita, manusia, dan masalah tersebut di angkat ke layar kaca. Begitulah kurang lebih penjelasan mengenai slice of life. Permasalah cinta? Iya, itu juga slice of life.

Sebagai anak kos yang kekurangan piknik karena hari sabtu-minggunya biasa dipake buat nyuci baju dan gosok baju, daripada makin stress, akupun menyelinginya sambil nonton anime.

Sebagai salah satu penikmat anime, aku selektif dalam memilih anime yang mau kutonton. Tidak semuanya yang dijadwalkan rilis pasti kutonton. Hanya sebagian dan itupun yang genrenya: slice of life. Iya, anime yang agak sedih-sedih gitu. Sedih karena cinta, persahabatan, keluarga, terserah, semuanya bebas yang penting feelnya dapet.

Oke, kali ini aku bakal review tentang Anime-anime tergalau yang bisa bikin lo nyesek seharian. Ini dia:

Byousoku 5 centimeter (5 centimeter per second)


Release: March 3, 2007
Director: Makoto Shikai

Film ini menceritakan tentang kisah cinta dua sejoli yaitu: Takaki Tono, selaku cowok dan Akari Shinohara, pacarnya.

Yang aku suka dari film ini, dimulai dari awal sampai akhir cerita, ceritanya itu dibagi menjadi beberapa chapter.

Chapter 1.

Menceritakan tentang kisah dua orang murid pindahan yang bernama Takaki dan Akari. Selaku dua siswa pindahan, mereka kesusahan untuk beradaptasi dengan teman lainnya. Alhasil, mereka berdua lebih sering menghabiskan waktu istirahatnya di sebuah perpustakaan. Berawal dari sinilah kedekatan diantara keduanya terjadi. Mereka mengenal satu sama lain dan akhirnya menjadi sahabat.

Ketika masuk SMP, Akari diharuskan pindah sekolah karena pekerjaan ayahnya. Takaki dan Akari terpisah. Mereka berkomunikasi hanya dengan mengirim surat. Sampai hari dimana, Takaki memutuskan untuk menemui Akari dikediaman barunya Tochigi. Itupun dilakukan Takaki karena dia tahu dia juga akan pindah ke Kagoshima. Maka sebelum waktunya tiba, Takaki memutuskan untuk sekali lagi dan mungkin menjadi yang terakhir kalinya bisa menemui Akari.

Masih panjang ceritanya.

Lo bisa nonton film ini sendiri, karena kalau aku ceritain lo gak akan lagi dapat feelnya sama aja macem di spoiler. Gak enak kan? Nah, buat lo yang udah baca tulisan ini, aku harap bisa menontonnya langsung dan akan tau kelanjutan kisah dari apa yang telah aku tuliskan.

Waktu itu aku tidak menonton anime ini sendiri, aku menontonnya bersama kelima teman kosanku yang kebetulan cowok semua. Dengan menggunakan infocus, dan lampu kamar yang dipadamkan, lo bisa bayangin apa yang kami berlima harus lakukan ketika adegan so sweet muncul dilayar. Ya, kami semua berpelukan. Berharap semua kepedihan yang kami tonton tidaklah menular. 

Endingnya twist, gak bisa ditebak, dan nyeseknya luar biasa.

Anohana (The Flower We Saw That Day)


Directed by      : Tatsuyuki Nagai
Written by : Mari Okada
Studio         : A-1 pictures
Release            : April 14, 2011-
                        June 23, 2011

Bercerita tentang 5 sahabat: Jintan Yadomi, Meiko Honma, Naruko Anjo, Atsumu Matsuyuki, Chiriki Tsurumi.

Diawal menonton ini lo gak bakal nyata. Semuanya keliatan normal. Hanya menampilkan keseharian Jintan, selaku pemeran utama, dan Menma (Meiko Honma).

Jintan adalah anak yang malas. Diumurnya sekarang, dia selalu membolos, menghabiskan waktu bermain game, lalu tidur. Begitulah setiap harinya. Disaat anak-anak lain sekolah dia hanya malas-malasan. Dan semua yang dilakukannya itu disadarin oleh orangtuanya. Ayahnya memakluminya.

Nah, semua kemalasan yang Jintan lakukan tersebut dia lakukan bukan tanpa alasan, tapi ada satu peristiwa yang membuatnya trauma dan itu semua mempengaruhi seluruh kehidupannya. Itu tentang cerita beberapa tahun yang lalu, disaat mereka semua masih menjadi sahabat yang selalu menghabiskan waktu bersama.

Seperti anime biasanya yang dibagi menjadi beberapa episode, mungkin diawal-awal episode lo belum menyadari tentang konflik yang berusaha diciptakan oleh sang penulis dan director. Sampai ketika dipertengahan episode, barulah kita sadar, apa yang sebenarnya ingin disampaikan oleh sang penulis. Dipertengahan episode ceritanya menjadi menarik dan tertuju hanya satu tokoh yaitu: Menma sendiri.

Lo wajib nonton anime ini. Selain mengangkat genre slice of life, anime ini juga menceritakan tentang romance dalam persahabatan. Lo bakal tercengang dan merinding kalau  nonton, serius.

Kimi no Nawa (Your Name?)




Release date: December 7, 2016
Director : Makoto Shikai

Anime ini bercerita tentang dua tokoh utama, Mitsuha Miyamizu dan Taki Tachibana.

Mitsuha Miyamizu adalah seorang siswi SMA yang tinggal di sebuah desa sedangkan Taki Tachibana merupakan siswa yang SMA yang sangat sibuk yang tinggal di pusat kota. Sambil bersekolah, Taki memiliki pekerjaan sampingan untuk melanjutkannya ke sekolah arsitektur setamatnya dari SMA.

Suatu hari, Mitsuha Miyamizu terbangun di sebuah ruangan yang tidak dikenalnya dan menemukan dirinya kalau ternyata dia terbangun di kota yang dari dulu dia impikan, Tokyo. Ternyata dia terbangun di tubuhnya Taki!

Di tempat lain, Taki menemukan dirinya menjalani kehidupan Mitsuha di pedesaan kecil yang indah. Dalam mengejar jawaban atas fenomena aneh ini, mereka mulai mencari identitas satu sama lain. Kimi no Nawa, berkisah tentang tindakan Mitsuha dan Taki, yang mulai memiliki dampak dramatis pada kehidupan masing-masing, membuat mereka menjadi kain yang disatukan oleh takdir dan keadaan.

Sen to Chihiro no Kamikakushi (Spirited away)



Initial Release: July 20, 2001
Directors: Hayao Miyazaki, Kirk Wise
Studio : Ghibli

Orangtua Chihiro melakukan perjalanan menuju rumah barunya. Bersama dengannnya, mereka menelusuri hutan yang menurut ayahnya merupakan jalan masuk menuju rumah baru mereka. Tak disangka, ditengah hutan terdapat sebuah ruangan semacam stasiun kereta api, yang di ujung pintu keluarnya terdapat pemandangan padang rumput yang sangat luas.

Didukung dengan rasa penasaran, orangtua Chihiro pun masuk, dan menelusuri tempat tersebut. Sampai tibalah mereka ke sebuah desa yang menurut Chihiro cukup aneh karena desa tersebut terletak di tengah padang rumput. Dan di dalam desa tersebut tak ada orang yang tinggal padahal desa tersebut penuh akan wahana permainan serta banyak makanan yang terhidang di bagian depan setiap rumah.

Bermaksud mencicipinya lalu membayarnya, orangtua Chihiro tak menyangka kalau makanannya sangat enak dan akhirnya ketagihan. Makan, makan, dan terus makan. Sampai keanehan pun tiba.

Ketika senja, desa tersbeut mendadak berubah. Desa menjadi ramai tapi oleh roh-roh ataupun hantu yang tinggal di desa tersebut. Makanan yang ada di depan rumah yang telah dimakan oleh orangtua Chihiro merupakan makanan para hantu. Terlambat, ketika kembali menemui orangtuanya, Chihiro mendapati kalau kedua orangtuanya sudah berubah menjadi dua ekor babi gemuk.

Ini hanyalah permulaan, tanpa sadar Chihiro beserta kedua orangtuanya ternyata sudah menyeberang ke dunia roh. Dengan dibantu Haku, selaku pemeran utama yang unik, mereka berdua harus berpetualang demi bisa mengembalikan bentuk asli kedua orangtuanya.

Bagi para pecinta anime maupun film animasi, mereka pasti tau bagaimana film yang akan dihasilkan oleh Studio Ghibli.

Studio Ghibli merupakan satu-satunya studio film animasi yang konsisten mengeluarkan film yang bergenre Slice of Life. Ide cerita yang menarik dan selalu out of the box, soundtrack yang bukan hanya sekedar pelengkap, ending yang twist, dan banyak pesan moral yang ditampilkan dalam setiap film yang telah dihasilkan oleh Studio Ghibli. Makanya, setiap film yang akan dikeluarkan Studio Ghibli selalu laku dan laris karena menjadi film yang selalu ditunggu-tunggu oleh fans dan semua pecinta film animasi. Inilah yang menjadikan film yang dikelluarkan oleh Studio Ghibli menjadi salah satu film yang paling banyak ditunggu-tunggu oleh setiap orang.

Nah, itu dia beberapa anime yang mampu buat lo patah hati seharian. Mungkin untuk selanjutnya aku bakal lebih rajin nge-post tentang review film atau yang lainnya. Banyak sih, film yang udah selesai kutonton, tapi jarang ada yang berkesan.

Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar
Thursday, 27 July, 2017 delete

Udah nonton semua. Yang ternyesek tetep 5cm/second.

Reply
avatar
Thursday, 27 July, 2017 delete

nyesek parah emang kamfret tuh cewek. habis nonton film gua rencanya mau ke dukun, buat nyantet tuh cewek hahahaha

Reply
avatar
Saturday, 29 July, 2017 delete

Artikel ini sangat kreatif semoga bermanfaat bagi semua terima kasih admin :)

Agen poker online
Enam Dewa

Reply
avatar